Searching

Minggu, 11 Juni 2017

Perbedaan Metode GTM, Silent Way, Direct Method dan Audio Lingual



Silent Way : Silent way adalah metode pengajaran bahasa inggris yang mengharuskan gurunya berbicara sesedikit mungkin di kelas tapi siswa diharapkan berbicara sebanyak mungkin.

Metode GTM ( Grammar Translation Method ) : Metode GTM yaitu metode dengan cara, para siswa diberikan sebuah bacaan dari buku, siswa membaca kutipan dari buku tersebut dan setelah membaca nya para siswa diminta untuk menerjemahkan tulisan tersebut kedalam bahasa asing, pengajar bertugas membantu siswa melalui kosa kata baru yang mereka dapat dari teks yang sudah dibaca tersebut, apabila ada pertanyaan, pengajar akan menjawabnya dengan menggunakan bahasa spanyol untuk membut siswa terbiasa dengan bahasa yang mereka pelajari.

Metode Audio Lingual : Metode audio lingual adalah suatu metode dimana kegiatan pembelajaran suatu bahasa dilakukan dengan cara praktek dan latihan dalam berbahasa baik dalam bentuk dialog maupun lainnya yang diharapkan para siswa dapat berbicara seperti bahasa pemiliknya sendiri.

Direct Method :  Direct method yaitu berasal dari kata Direct yang artinya langsung. Direct method atau model langsung yaitu suatu cara mengajikan materi pelajaran bahasa asing di mana guru langsung menggunakan bahasa asing tersebut sebagai bahasa pengantar, dan tanpa menggunakan bahasa anak didik sedikit pun dalam mengajar. Jika ada suatu kata-kata yang sulit dimengerti oleh anak didik, maka guru dapat mengartikan dengan menggunakan alat peraga, mendemontstrasikan, menggambarkan dan lain-lain.

PERSAMAAN
No
GTM
Audio Lingual
Direct
Silent Way
1
Menuntut siswa untuk aktif di dalam kelas.

Menuntut siswa untuk aktif di dalam kelas.
2
Menggunakan bahasa asing sebagai alat untuk menyampaikan pendapat.
3
Menggunakan teks sebagai alat untuk belajar.
Menggunakan media sebagai alat untuk belajar.

Menggunakan media sebagai alat untuk belajar.


PERBEDAAN
No
GTM
Audio Lingual
Direct
Silent Way
1
Siswa membaca teks tertulis.
 Siswa mendengarkan teks bacaan tanpa membacanya.
siswa membaca teks dengan suara yang lantang.
Siswa memahami maksna dari apa yang guru berikan tanpa bantuan guru.
2
Siswa mengahapalkan kosa kata.
Siswa menghapal dialog.
Siswa melafalkan kosakata bersama guru.
Siswa berkonsentrasi pada apa yang guru tanyakan.
3
Siswa merumuskan sendiri.
Guru memberikan kalimat yang kemudian akan diubah oleh siswa.
Guru mendikte siswanya.
Guru menunjuk salah satu muridnya.
4
Bahasa asing digunakan oleh guru secara terus menerus.
Menggunakan tape recorder atau media lainnya dan siswa menyimak dari media tersebut.
Disampaikan secara langsung.
Penggunaan media gambar dan tanpa penjelasan dari guru.
5
Latihan soal secara formal yang berasal dari wacana yang diberikan atau berasal dari teks.
Latihannya yaitu menghapal dialog.
Latihan berupa percakapan.
Tidak ada latihan atau ujian secar formal

2 komentar: