Silent Way
: Silent way adalah metode pengajaran bahasa inggris yang mengharuskan gurunya
berbicara sesedikit mungkin di kelas tapi siswa diharapkan berbicara sebanyak
mungkin.
Metode GTM ( Grammar Translation
Method ) : Metode GTM yaitu metode dengan cara, para siswa
diberikan sebuah bacaan dari buku, siswa membaca kutipan dari buku tersebut dan
setelah membaca nya para siswa diminta untuk menerjemahkan tulisan tersebut
kedalam bahasa asing, pengajar bertugas membantu siswa melalui kosa kata baru
yang mereka dapat dari teks yang sudah dibaca tersebut, apabila ada pertanyaan,
pengajar akan menjawabnya dengan menggunakan bahasa spanyol untuk membut siswa
terbiasa dengan bahasa yang mereka pelajari.
Metode Audio Lingual
: Metode audio lingual adalah suatu metode dimana kegiatan pembelajaran suatu
bahasa dilakukan dengan cara praktek dan latihan dalam berbahasa baik dalam
bentuk dialog maupun lainnya yang diharapkan para siswa dapat berbicara seperti
bahasa pemiliknya sendiri.
Direct
Method : Direct method yaitu berasal
dari kata Direct yang artinya
langsung. Direct method atau
model langsung yaitu suatu cara mengajikan materi pelajaran bahasa asing di
mana guru langsung menggunakan bahasa asing tersebut sebagai bahasa pengantar,
dan tanpa menggunakan bahasa anak didik sedikit pun dalam mengajar. Jika ada
suatu kata-kata yang sulit dimengerti oleh anak didik, maka guru dapat
mengartikan dengan menggunakan alat peraga, mendemontstrasikan, menggambarkan
dan lain-lain.
PERSAMAAN
No
|
GTM
|
Audio Lingual
|
Direct
|
Silent Way
|
1
|
Menuntut
siswa untuk aktif di dalam kelas.
|
|
Menuntut
siswa untuk aktif di dalam kelas.
|
|
2
|
Menggunakan
bahasa asing sebagai alat untuk menyampaikan pendapat.
|
|||
3
|
Menggunakan
teks sebagai alat untuk belajar.
|
Menggunakan
media sebagai alat untuk belajar.
|
|
Menggunakan
media sebagai alat untuk belajar.
|
PERBEDAAN
No
|
GTM
|
Audio Lingual
|
Direct
|
Silent Way
|
1
|
Siswa
membaca teks tertulis.
|
Siswa mendengarkan teks bacaan tanpa
membacanya.
|
siswa
membaca teks dengan suara yang lantang.
|
Siswa
memahami maksna dari apa yang guru berikan tanpa bantuan guru.
|
2
|
Siswa
mengahapalkan kosa kata.
|
Siswa
menghapal dialog.
|
Siswa
melafalkan kosakata bersama guru.
|
Siswa
berkonsentrasi pada apa yang guru tanyakan.
|
3
|
Siswa
merumuskan sendiri.
|
Guru
memberikan kalimat yang kemudian akan diubah oleh siswa.
|
Guru
mendikte siswanya.
|
Guru
menunjuk salah satu muridnya.
|
4
|
Bahasa
asing digunakan oleh guru secara terus menerus.
|
Menggunakan
tape recorder atau media lainnya dan siswa menyimak dari media tersebut.
|
Disampaikan
secara langsung.
|
Penggunaan
media gambar dan tanpa penjelasan dari guru.
|
5
|
Latihan
soal secara formal yang berasal dari wacana yang diberikan atau berasal dari
teks.
|
Latihannya
yaitu menghapal dialog.
|
Latihan
berupa percakapan.
|
Tidak
ada latihan atau ujian secar formal
|
Thank U
BalasHapusSangat membantu
BalasHapus