
Penanggung Jawab:
Indri Choerun Nisa
Mutiara Roselini
Putri Rahayu
Rima Nurfadila
Rizka Amalia
Wirdah Amaliyah Permadi
-
@partyfavors.id /@partyfavors.promote
2016
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT atas
limpah
dan
nikmat
dan
karunianya
berupa
kemudahan
dan
kelancaran
sehingga
penulis
dapat
menyelesaikan proposal usaha
ini.
Proposal
ini
disusun agar dapat
memepelajari
bagaimana
mengelola
suatu
usaha
kecil di sekitarnya
dengan
memanfaatkan
peluang yang ada
menjadi
hal yang bernilai
jual
dan
memanfaatkan
teknologi
sebagai
sarana
penjualan.
Penulis
menyadari
dalam
penyusunan proposal ini
terdapat
kesalahan.
Maka
kritik
dan
juga saran diharapkan
dari
para
pembaca.Penulis
juga
mengucapkan
terimakasih
kepada
semua
pihak yang telah
berperan
serta
dalam
penyusunan proposal ini
dari
awal
hingga
akhir.
Semoga Allah SWT senantiasa
meridhai
segala
usaha
kita.
April, 2016
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Profil
usaha
Nama usaha yang akan dirintis adalah
“Party Favors”, usaha ini merupakan usaha yang berbasis online,
menyediakan peralatan pesta, seperti
perayaan ulang tahun, anniversary, dan acara lainnya.
1.2 Nama
Penanggung Jawab
1. Indri
Choerun Nisa
2. Mutiara
Roselini
3. Putri
Rahayu
4. Rima
Nurfadila
5. Rizka
Amalia
6. Wirdah
Amaliyah Permadi
1.3 Informasi
tentang Bisnis yang Dilaksanakan
Seiring perkembangan zaman dan
teknologi, masyarakat kini gemar mengadakan pesta perayaan ulang tahun,
anniversary, baby shower, graduation, dan sebagainya. Oleh karena itu kebutuhan
masyarakat akan perlengkapan yang mendukung acara tersebut agar lebih meriah
dan menarik semakin dibutuhkan serta dicari oleh masyarakat. Usaha yang kami
jalani merupakan salah satu usaha berbasis online
yang menyediakan party stuff atau
perlengkapan pesta dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.
BAB 2
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
2.1
Uraian Umum Usaha
Party Favors adalah usaha yang kami
jalani menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan. Sebelum
memulai usaha ini, kami telah memperhitungkan secara matang mulai dari produk
apa yang akan dijual dan tempat penyedia (supplier)
produk tersebut. Kami terinspirasi dari fenomena yang ada di sekitar kami
mengenai perilaku masyarakat yang konsumtif, yang tertarik untuk merayakan momen
spesial mereka. Kami yakin usaha yang kami jalani akan berkembang dan maju
untuk ke depannya, karena kami jamin produk kami tidak kalah saing dengan
produk serupa lainnya.
2.2
Latar Belakang
Dengan melihat perkembangan zaman dan
teknologi pada saat ini, banyak masyarakat yang berniat atau tertarik untuk
membuka usaha kecil khususnya usaha yang berbasis online (online shop). Disini kami akan memperkenalkan usaha kecil
kami yang menyediakan perlengkapan pesta, yang bernama “Party Favors”. Usaha
kami ini berawal dari fenomena yang kami temukan di lingkungan sekitar. Di
sampng itu usaha kami juga menjajikan karena kami menyediakan perlengkapan
pesta yang sedang happening.
2.3
Tujuan Usaha
Tujuan
kami membuka usaha ini, di antaranya;
1. Memenuhi
kebutuhan masyarakat.
2. Mencoba
peruntungan dengan bantuan media sosial.
3. Menambah
pengalaman dibidang usaha kecil
BAB 3
ANALISIS USAHA
3.1
Target dan Situasi Persaingan
3.1.1
Target Konsumen
Usaha yang kami jalani merupakan usaha
yang menjual produk yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Adapun target
konsumen dari usaha kami dilihat dari segi usia, yaitu para pelajar, mahasiswa
dan anak muda. Namun tidak menutup kemungkinan pada kalangan anak-anak ataupun
dewasa.
3.1.2
Situasi Persaingan
Karena usaha kami yang berbasis online
terdapat penjual lain yang membuka usaha yang sama seperti usaha yang kami
miliki.jadi banyaknya penjual tersebut menambah persaingan dalam usaha kami.
3.2
Rencana Usaha
3.2.1
Strategi Usaha
Kami memanfaatkan peluang usaha yang ada
dengan menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan usaha kami secara baik dan
terkonsep. Dengan memerhatikan SWOT atau kekuatan (strength), kelemahan
(weaknes), peluang (opportunity), dan ancaman (treat) usaha. Di awal usaha kami
berusaha memperkenalkan produk secara langsung kepada masyarakat baik lisan
maupun tulisan (promo di sosial media).
3.2.2 Rancangan
dan Strategi Penjualan :
1.
Membuat akun di
aplikasi Instagram dengan nama “Partyfavors”.
2.
Membuat logo
Partyfavors.
3.
Mencantumkan id
Line, nomor whatsapp dan pin BBM di bio Instagram.
4.
Mencantumkan
lokasi home industri (hanya kota nya).
5.
Mengunggah foto
product sejelas mungkin sehingga tidak mengecewakan konsumen.
6.
Mengunggah foto
product yang digunakan pada model agar memudahkan konsumen untuk melihat contoh
product yang digunakan.
7.
Mengunggah
testimoni konsumen yang pernah membeli product agar konsumen lainnya tertarik
dan percaya pada online shop kami.
8.
Foto yang sudah
diunggah lalu diberi caption mengenai deskripsi dari product tersebut.
3.3 Strategi Promosi
1.
Strategi promosi
yang digunakan yaitu memberi potongan harga bagi konsumen yang membeli 3 atau
lebih product kami.
2.
Membuat packagingyang menarik.
3.
Memberikan
product kepada orang yang memiliki banyak followers dan masih berkaitan dengan
product yang dijual dan mengunggah foto product yang digunakan oleh orang yang
bersangkutan dan memberikan tag kepada
akun instagram kami, biasanya cara ini disebut dengan endorsement.
4.
Mengunggah
testimoni konsumen di akun agar dapat meyakinkan calon pembeli.
5.
Mengunggah foto
konsumen yang menggunakan product Partyfavors di akun instagram.
6.
Memberikan hashtag pada caption agar mempermudah
calon konsumen untuk mengunjungi akun instagram kami.
3.4 Penetapan Harga Jual
Harga jual Party Favors ditetapkan
dengan menghitung harga pokok produk ditambah biya yang dikeluarkan untuk
ongkos dan keuntungan, setiap barang memiliki harga yang berbeda-beda
tergantung modal awal.
3.5 Periklanan dan Promosi
Dalam memperkenalkan produk, selain
secara langsung kepada keluarga dan kerabat, kami juga memanfaatkan akun
sosial, media yang kami miliki seperti, twitter, instagram, line, path dan
lain-lain.
BAB 4
ASPEK RESIKO
4.1
Masalah-Masalah yang Potensial
Masalah yang mungkin kami hadapi yaitu
kurangnya minat konsumen, terdapat online shop lain yang lebih inovatif. Selain
itu pengalaman yang minim dalam berwirausaha membuat kami harus belajar dari
kesuksesan dan kegagalan pewira usaha lainnya.
4.2.
Resiko dan Hambatan
Dalam membuka usaha kecil, kita harus
siap menerima resiko dan hambatan yang mungkin terjadi. Resiko tersebut dapat
berupa terbatasnya waktu luang yang kami milki dan harus siap menghadapi jatuh
bangun dalam mengelola usaha kecil ini, selain itu kerugian antara modal dan
pendapatan. Sedangkan hambatan yang mungkin terjadi pada aat membuka usaha
terdapat pada modal yang terbatas dan pessing yang menjual produk semacam usaha
kami.
4.3.
Tindakan Alternatif
Adanya resiko dan hambatan pada usaha
kami mengharuskan kami untuk segera mengambl tinddakan tindakan untuk mengatasi
hal tersebut harus dilakukan secara evektif yaitu dengan selalu memunculkan
inovasi dan menyediakan produk yang lebih baik dan beragam.
BAB 5
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Dalam mendirikan usaha kecil seorang
wirausaha harus memiliki jiwa kewirausahaan. Selain itu harus mempunyai tekad
dan komitmen yang kuat untuk menjalani usaha yang dijalankan kita harus
memiliki kemampuan untu membaca kondisi pasar sehingga kami dapat meminimalisir
resiko yang mungkin terjadi.
5.2
Saran
Dengan kondisi ekonomi saat ini
diharapkan dapat bermunculan wirausaha muda yang kreatif yang dapat
mengembangkan perekonomian negara. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses
dibutuhkan adanya keseriusan dalam membangun dan mengembangkan usaha yang digeluti meskipun
berawal dari usaha yang kecil.
LAMPIRAN
1.
Produk





2.
Promosi




3. Testimonial



LAPORAN PENJUALAN PARTY FAVORS
No.
|
Produk
|
Banyaknya
|
Harga/pcs
|
Jumlah
|
1.
|
Balon
foil huruf
|
22
|
Rp 5.500
|
Rp 121.000
|
2.
|
Balon
foil angka
|
6
|
Rp 5.500
|
Rp 33.000
|
3.
|
Balon
foil bentuk
|
3
|
Rp 25.000
|
Rp 75.000
|
4.
|
Balon
latex
|
20
|
Rp 2.500
|
Rp 50.000
|
5.
|
Lilin
huruf
|
0
|
Rp 18.000
|
Rp 0
|
6.
|
Sparkling
candle
|
3
|
Rp 7.000
|
Rp 21.000
|
7.
|
Lampu
tumblr
|
2
|
Rp 60.000
|
Rp 120.000
|
8.
|
Bunting
flag
|
2
|
Rp 14.000
|
Rp 28.000
|
9.
|
Topi
|
1 (12pcs)
|
Rp 35.000
|
Rp 35.000
|
10.
|
Snowspray
|
3
|
Rp 17.000
|
Rp 51.000
|
11.
|
Spraystring
|
1
|
Rp 20.000
|
Rp 20.000
|
12.
|
Pompa
balon
|
1
|
Rp 20.000
|
Rp 20.000
|
Total
|
Rp 574.000
|
BROSUR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar